Translate

Selasa, 29 Januari 2013

Saya di Jaman Apakah?

Saya di Jaman Apakah?

Mereka berteriak tentang reformasi. Mereka berkoar-koar tentang kemerdekaan.
Kamu berkata tentang kekuatan dari seorang manusia. Kejayaan, kekuasaaan, dan hal-hal picik yang membuat manusia terlena.
Kamu mengatakan dirimu demokratis. Anda menyebut diri anda apatis. Mereka menamai diri mereka komunis. Otoriter, radikal, orthodoks, idealis, semuanya menjadi dasar dalam menyikapi hidup ini.

Apakah ini? Jaman apakah ini?
Berkoar-koar agar semua mendengar dan mengikuti ucapanmu. Kamu bukan Hitler !
Berpidato terus di depan orang banyak, seakan dunia sedang mendengarkan setiap kata yang keluar dari mulutmu. Kamu bukan Soekarno !
Berkata-kata di depan orang banyak, mendukung di depan, menusuk di belakang, hanya ingin kekuasaan. Kamu bukan Soeharto !
Pandangan teoritismu yang tidak sejalan dengan kenyataan yang ada. Untuk saya, kamu tak lebih dari seorang pembual !
Soe Hok Gie pernah berkata, “Saya ingin melihat mahasiswa-mahasiswa, jika sekiranya ia mengambil keputusan yang mempunyai arti politis, walau bagaimana kecilnya, selalu didasarkan atas prinsip-prinsip yang dewasa. Mereka yang berani menyatakan benar sebagai kebenaran, dan salah sebagai kesalahan. Dan tidak menerapkan kebenaran atas dasar agama, ormas, atau golongan apapun.”
Berucap di depan orang, yang kamu tahu, mereka mudah sekali dipengaruhi. Kamu membohongi mereka dengan mengatakan itu sebuah kebenaran, padahal jelas itu adalah sebuah kesalahan. Kamu mempengaruhi mereka yang tidak mengerti apapun dengan lidah berbisamu. Kamu bilang itu akan sempurna, padahal hasilnya akan NOL BESAR.

Saya berotak, saya berlogika. Saya bukan idealis, saya realistis.
Saya seakan sedang hidup di jaman Soe Hok Gie. Saya menekankan kepada kamu, satu hal yang saya setujui denga Gie, bahwa “Saya memutuskan bahwa saya akan bertahan dengan prinsip-prinsip saya. Lebih baik diasingkan daripada menyerah terhadap kemunafikan.”
Saya bukan Soe Hok Gie, saya hanya seorang mahasiswa yang berjuang melawan kemunafikan. Saya bukan di jaman Soe Hok Gie. Saya di jaman apakah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri komentar ya setelah baca atau hanya melihat aja.... thanks